Prihatin Terhadap Kondisi Bangsa: IMM DIY Adakan Muhasabah Kebangsaan dan Buka Bersama

MADRASAHDIGITAL.CO- Yogyakarta-Senin (11/04/2022) Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD IMM DIY) Mengadakan Muhasabah Kebangsaan bersama Pimpinan Cabang se-DIY untuk melakukan konsolidasi Kebangsaan yang dilanjut dengan buka bersama. Muhasabah ini dilaksanakan di Markas Besar IMM DIY.

Acara yang berlangsung dipandu oleh M. Taufiq firdaus selaku Ketua bidang Hikmah DPD IMM DIY. di pembuka acara Firdaus mengatakan bahwa muhasabah kebangsaan ini bertujuan untuk melakukan kajian mendalam mengenai problematika kebangsaan saat ini. IMM DIY memandang bahwa dinamika kebangsaan kita digerogoti oleh multi aspek dan multi faktor problem.

Selanjutnya Muh Akmal selaku Ketua Umum DPD IMM mengatakan bahwa ada tiga persoalan kebangsaan yang -terjadi saat ini. Persoalan-persolan tersebut diantaranya, politik yang diperkosa, hukum yang mengabdi kepada ekonomi dan ekonomi yang tak menagbdi kepada rakyat.

Setelah diskusi dan konsolidasi dilakukan, DPD IMM DIY menyimpulkan tiga persoalan kebangsaan yang ada.

Pertamajurang ketimpangan ekonomi kian tajam sebagai akibat dari ketidakadilan kebijakan ekonomi. Logika praktik pembangunan ekonomi rezim ini telah mengenyangkan perut elit ekonomi, pada saat yang sama telah melumpuhkan nasib hajat hidup masyarakat bawah.

Kedua, oligarki politik dan menguatnya otoritarianisme. Negara ini kian dikelola oleh segelintir kelompok tertentu yang menguasai hajat hidup orang banyak. Elit politik yang memimpin negara ini bertindak laku ugal-ugalan, menerabas batas dan melanggar konstitusi. Sikap semberono tersebut tergambar dari wacana penundaan Pemilu yang berhembus dari Istana.

Ketiga, problem penegakan hukum yang ditunjukkan dengan kian menguatnya ketidakadilan dalam penegakan hukum yang belakangan ini ditunjukkan dengan rentetan kasus kriminalisasi dan pembungkaman aktivis yang menambah daftar Panjang penurunan demokrasi. Atas hasrat melakukan pembangunan ekonomi, konstitusi dilecehkan oleh negara dan penegak hukumnya.

IMM DIY dalam rilisnya menyatakan bahwa problem kebangsaan yang ada menyebabkan amuk publik. maka dari itu DPD IMM DIY  bersama seluruh cabang yang ada di DIY menyatakan sikap;

Pertama, mendukung semua bentuk demonstrasi mahasiswa di seluruh Indonesia sebagai bagian dari proses demokrasi dan pengawasan bagi pemerintahan.

Keduamenghimbau aparat kepolisian untuk menjauhi tindakan kekerasan dalam penanganan aksi demonstrasi mahasiswa.

Ketiga, mendesak pemerintah dan elite politik lain untuk menghentikan wacana penundaan pemilu, dan fokus pada penanganan dan perbaikan pada masalah kebangsaan yang lebih strategis.

Keempatmenolak segala bentuk audiensi yang dilakukan oleh segelintir kelompok elite yang hanya mementingkan kepentingan kelompok masing-masing.

Bilamana keadaan mendesak dan jika diperlukan DPD IMM DIY bersama seluruh cabang akan melakukan konsolidasi lanjutan dan memperluas radius gerakan serta memastikan akan menggelar aksi lanjutan.

Sumber: Madrasah Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *